Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Kuliah Umum Maintenance Management Hadirkan Maintenance Expert PT Pamapersada Nusantara

Institut Sains dan Teknologi AKPRIND menyelenggarakan kuliah umum bertajuk Expert Learning, Rabu (12/10). Bertempat di Auditorium Kampus 1 IST AKPRIND, sesi kuliah umum ini merupakan hasil kolaborasi bersama dari Jurusan Teknik Mesin, Teknologi Mesin (D3), dan Teknologi Industri (D3) IST AKPRIND. Sesi kuliah umum ini mengangkat tema Maintenance Management Mesin Diesel. 

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 mahasiswa dari Jurusan Teknik Mesin, Teknologi Mesin (D3), dan Teknologi Industri (D3). Pemateri yang hadir mengisi sesi kuliah umum ini merupakan Maintenance Team Expert Leader PT Pamapersada Nusantara sekaligus Alumni Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND tahun 2008 Danang Agus Riyanto, S.T. Pada sesi ini Danang membawakan materi mengenai pengertian, sejarah, dan proses maintenance dan Reliability Centered Maintenance (RCM)yang selama ini diterapkan di industri, terutama di PT Pamapersada Nusantara. 

“RCM merupakan bagian penting dari manajemen hidup mesin. Dengan RCM, kita bisa menentukan mesin mana yang membutuhkan preventive maintenance, predictive maintenance, dan corrective maintenance. Inilah yang nanti akan kalian (red: mahasiswa) temui ketika berkarir di dunia industri,” ungkap Danang.

Sementara itu, Sekretaris Jurusan D3 Teknologi Mesin I Gusti Gde Badrawada, S.T., M.Eng., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya jurusan untuk memberikan wawasan lebih tentang keadaan riil di dunia industri pada mahasiswa. Ia mengungkapkan kegiatan kuliah umum bersama praktisi akan diadakan secara rutin minimal tiga bulan sekali guna meningkatkan kompetensi dan wawasan mahasiswa sesuai dengan arahan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sesi kuliah umum ini turut diikuti oleh jajaran dosen dari Jurusan Teknik Industri, Teknologi Industri, Teknik Mesin, dan Teknologi Mesin. (humas)

Open chat
Hubungi kami via Whatsapp