Pengembangan Kepribadian Mahasiswa Baru 2019/2020

Tujuan pendidikan tinggi yang utama adalah mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa. Selain untuk menghasilkan lulusan yang menguasai cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa.

Dengan demikian,maka mahasiswa sebagai insan dewasa harus dapat mengembangkan potensi secara maksimal agar dapat memenuhi tuntutan sebagaimana diuraikan di dalam tujuan pendidikan tinggi. Mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif, yang tidak hanya didapatkan atau menekuni ilmu dalam bidangnya saja (hardskill), tetapi juga harus beraktifitas untuk mengembangkan soft skills nya.

Pengembangan Kepribadian pada dasarnya adalah meningkatkan dan merubah seseorang baik dari luar dan dalam diri untuk membawa perubahan positif bagi hidup. Setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda yang dapat dikembangkan, dipoles dan disempurnakan. Proses ini termasuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang, memperbaiki komunikasi dan kemampuan berbicara, memperluas ruang lingkup pengetahuan, mengembangkan hobi tertentu atau keterampilan, belajar etiket halus dan sopan santun.

Adapun tujuan dilaksanakanya pelatihan pengembangan kepribadian bagi mahasiswa baru ini adalah untuk membantu mengembangkan kepribadian peserta mencapai efektivitas dan kesuksesan di semua aspek kehidupan pribadi, kuliah dan bermasyarakat.  Peserta akan diarahkan untuk menjaga keseimbangan pikiran, perasaan, tindakan, dan keterampilan untuk menciptakan kehidupan yang diinginkan secara unggul dan profesional.

Peserta pengembangan kepribadian dan ekspo wirausaha muda tahun 2019/2020 adalah, Mahasiswa Baru program Studi Strata 1 dan Diploma 3 Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta tahun 2019/2020 sebanyak 466 (Empat Ratus Enam Puluh Enam) mahasiswa, dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok I Mahasiswa dengan nomor mahasiswa ganjil dan kelompok II mahasiswa dengan nomor mahasiswa Genap.

Pelaksanaan dibagi 2 kelompok dan berdasarkan nomor mahasiswa ganjil dan genap

Kelompok Nomor Mahasiswa Ganjil :

Hari                : Senin

Tanggal         : 11 Nopember 2019

Jam                : 08.00 WIB – 16.00 WIB

Ruang            : Auditorium Lt.III IST Akprind

Kelompok Nomor Mahasiswa Genap :

Hari                 : Selasa

Tanggal         : 12 Nopember 2019

Jam                 : 08.00 WIB – 16.00 WIB

Ruang            : Auditorium Lt.III. IST Akprind

Pengembangan Kepribadian bagi mahasiswa baru tahun 2019/2020 yang bertemakan “Rancang Masa Depan mu”, akan diisi dengan materi :

  1. Kegiatan Kemahasiswaan : Ir. Joko Waluyo, MT
  2. Kepemimpinan, soft skills : Memet Sudaryanto, S.Pd., M.Pd
  3. Pendidikan Norma, Etika : Sylvi Dewajani, S.P.Si., Psi., M.ScMetode pelaksanaan ini adalah :
    1. Presentasi
    2. Diskusi Interaktif, tanya jawab
    3. Eksplorasi
    4. Games – Door Prize
    5. Ice Breaking
    6. Simulasi
    7. Rencana Aksi (Action Plan)
    8. Renungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *